Kamis, 20 Juni 2013

Permainan Baru Rumah Jingga



Rumah Jingga’s Market Game

Materi ajar yang Rumah Jingga tawarkan kali ini berbeda dengan materi ajar yang telah lalu. Kali ini Rumah Jingga mengajar Para Penghuni Rumah Jingga (PRJ) untuk turut serta berperan sebagai pembeli di suatu pasar. Di mana pasar yang dimaksud adalah pasar rekayasa Rumah Jingga. PRJ sebagai pembeli dan tutuor sebagai penjual sekaligus kasir. Materi ini disebut Rumah Jingga’s Market  Game (Permainan Pasar Rumah Jingga).

Dalam pasar rekayasa Rumah Jingga (20 Juni 2013) ini menawarkan 10 item, antara lain, buku tulis, buku bacaan, pensil, penghapus, peruncing pencil, balon, kelereng, permen, pita, lilin (malam). Masing-masing benda tersebut sudah diberi label harga kisaran ribuan rupiah, juga sudah diberi batasan pembelian (untuk mengendalikan hasrat beli dari si anak). PRJ berhak membeli benada-benda tersebut dengan menggunakan uang kertas mainan yang sudah didapat dari hasil tanya jawab materi pada beberapa pertemuan lalu.


Rumah Jingga’s Market Game ini dilaksanakan di teras Rumah Jingga, di mana sebagian untuk antri, dan sebagian lagi digunakan sebagai pasarnya. Bagi para PRJ yang sudah memasuki kawasan pasar, maka komunikasi harus dilakukan dengan menggunakan bahasa inggris (English Conversation). Penawaran, penyebutan barang, pembayaaran harus dilakukan dengan berbahasa inggris.

Permainan ini diharapkan mampu membentuk karakter dan peran anak sesuai dengan apa yang diperankan. Selain agar anak mampu mahir berbahasa inggris dalam percakapan yang berseting pasar. Dilihat dari segi ekonomi, manfaat lainnya adalah untuk menjadikan anak mampu mengelola uang yang mereka miliki.

Dan sebagai bentuk aspirasi Rumah Jingga pada PRJ yang aktif, maka benda-benda yang sudah dibeli dengan menggunakan uang kertas mainan dapat dibawa pulang dan digunakan sebagaimana mestinya untuk mendukung kegiatan belajar mereka di rumah dan di sekolah.


Benda dan harga, serta batasan pembelian di Rumah Jingga’s Market Game

No
Thing
Price
Total
1
Text Book
@25.000
Max 1
2
Writing Book
@20.000
Max 1
3
Eraser
@6.000
Max 2
4
Sharpener
@6.000
Max 1
5
Pencil
@5.000
Max 2
6
Wax/Paraffin
@3.000
Max 1
7
Ribbon
@2.000
Max 3
8
Balloon
@2.000
Max 3
9
Marble
@2.000
Max 3
10
Candy
@1.000
Max 3

Barang-barang yang Ditawarkan

Barang-barang yang Dipasarkan

PRJ Memilih barang yang Dikehendaki

PRJ Antri Membayar

PRJ Memamerkan Barang yang Sudah Dibeli

PRJ memamerkan Barang yang Sudah Dibeli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar